Selasa, 20 Agustus 2013

Tutorial Deodex Cusrom

Backup dulu rom device mu, pake CWM. Gunananya buat ngerestore klo nanti proses deodexing gagal. :) 

Tancepin device dengan mode Debugging. Caranya pilih Settings - Applications - Development, terus Check list "USB debugging". Cuma sampek situ aja, Jangan klik button "Connect storage to PC" yang ada di bar notifikasi.

ekstrak xUltimate yang tadi uda didownload. Lalu eksekusi Main.exe yang akan menampilkan menu seperti gambar berikut

Kemudian pililh menu 1 (Pull /system/app) dengan mengetikkan angka "1" lalu tekan "enter", tunggu hingga proses selesai. Proses ini akan mengambil selurh file yg ada di system/app

setelah itu pilih menu 2 (Pull /system/framework), tunggu hingga selesai.

Abis itu menu 3, buat mulai deodexing /system/app

dan terakhir pilih menu 4, untuk deodexing /system/framework. Setelah kesemuanya selesai dan tidak terhenti, anda dapat keluar dari menu xUltimate.

Cabut device dari kabel data, matikan mode debugging, dan ganti dengan mode Mass storage, (setting -> wireless n network -> usb setting -> centang Mass storage). Setelah mode diganti, tancapkan lagi devicemu ke kabel data.

Nah, copykan folder done_app dan done_frame yang dihasilkan oleh xUltimate. Kedua folder ini terletak didalam folder xUltimate. Masukkan ke internal SD card (yang 1,8GB pkoknya) dan external SD card. Buat antisipasi aja, kadang terjadi nggak ditemukan file yg dimaksud gitu.


Terus ubah lagi modenya ke debugging mode. Untuk yang sebelumnya menginstall android SDK, didalam folder android_sdk\platform-tools, diantaranya ada tiga buah file: adb.exe; AdbWinApi.dll; dan AdbWinUsbApi.dll. Ketiga file inilah yang akan kita gunakan. Maka copy ketiga file tersebut ke folder yang paling atas krn akan kita eksekusi lewat cmd. (Misal copy ke G:\adb). Tujuannya adalah biar lebih mudah dalam mengetikkan command di cmd.

Buka cmd, lalu masuk ke direktori G:\adb dgn cara ketik cd  g:\adb pada command prompt.

ketik adb.exe untuk mengeksekusi, dan dilanjutkan masukkan command adb shell. Tunggu sampai muncul notif bahwadaemon started successfully

Terkadang, muncul masalah dengan munculnya alert error : device not found. Jika terjadi, maka pastikan device telah terkoneksi. Yakinkan dengan cabut, lalu menancapkannya kembali dan diikuti dengan membuka xUltimate. pada menu xUltimate, pilih menu 1. (Sekedar untuk mengecek start daemon). Jika daemon bisa berjalan di xUltimate, coba buka cmd dan ulangin masukin commandnya. Gw uda cb trik ini dan cukup membantu membuat adb mendetek device melaluii daemon.

Kalo udah muncul notif daemon started successfully, masukkan listing command berikut:

klo udah berhasil tanpa notif error seperti gambar diatas, maka deodexing telah sukses. Hal ini dapat dicek dengan membuka folder system/app dan system/framework, seharusnya tidak ada lagi file berekstensi *.odex di kedua folder itu. Setelaj sukses, maka kamu akan lebih bebas dalam melakukan modifikasi, terutama yang terkait dengan theme dan perubahan tampilan2 standar biar makin gahar. :D
Mungkin perlu juga dikemukakan, kegagalan yang umum terjadi di gw adalah pada step #cp /sdcard/done_app/* /system/app/, tidak ditemukan file yg dimaksud, seperti pada gbr dibawah iniJika demikian device tidak dapat dioperasikan, karena folder system/app dan system/framework telah dihapus melalui command rm sebelumnyaJika demikain, solusinya adalah flashing ulang device anda :D. Jgn kuatir, tadi udah dibackup kan? silakan direstore dan coba lagi utk copykan folder done_app dan done_frame ke internal maupun eksternal SD card dan ulangi langkah 9. (goodluck)


0 komentar:

Posting Komentar